-->

Cara Membuat Folder Pada Windows Explorer Di Komputer

Cara membuat folder baru di komputer Ketemu lagi sobat semua. Semoga sehat dan selalu semangat. Mari kita lanjutkan pembahasan kita Panduan Belajar Komputer. Pada kesempatan yang lalu kita belajar banyak mengenai Windows Explorer. Kali ini, kita juga akan belajar beberapa hal yang masih sangat berkaitan erat dengan bab sebelumnya yaitu Windows Explorer.

Keamarin kita telah mengenal ada bagian- bagian Windows Explorer secara global dan singkat. Sebelum kita melangkah lebih dalam ada baiknya anda tahu bahwa sejatinya di dalam komputer terdapat banyak sekali berkas dengan berbagai macam extensinya, muli dari file image JPG, file Audio Mp3 misalnya. Dan masih banyak yang lainya. 

File tersebut seperti ikan yang dijual di pasar, kalau tidak dipisah atau dipilah dalam beberapa kategori maka akan sangat susah kita memilihnya. Nah demikian juga dengan file yang berada di dalam komputer. Kita dapat memilah-milah dan mengumpulkanya menurut jenis ataupun kategori yang lainya. 

Misalnya kita akan mengumpulkan file audio menjadi satu dalam satu wadah. Istilah yang digunakan untuk menamakan wadah tersebut disebut Folder. Kita dapat membuat folder berapapun yang kita inginkan sesuai dengan keperluan kita. Bagaimana cara membuat folder baru pada windows explorer dan memasukan file atau memindahkan file ke dalam folder tersebut ? Simak penjelasan berikut ini

Cara Membuat Folder Baru Di Komputer Pada Windows Explorer

Folder dalam komputer biasanya juga sudah ada pada saat komputer dibeli. Tetapi hanya setingan default atau bawaan saja. Seiring dengan berjalanya waktu pasti akan banyak file yang mau tidak mau sengaja ataupun tidak akan masuk ke dalam komputer anda. 

Nah file tersebut dapat kita lihat pada Windows Explorer. Bagi yang kurang jelas, dapat anda lihat pada postingan sebelumnya di sini . Langsung saja kita belajar membuat folder baru. Tentunya kita sudah punya file yang akan kita masukan dalam folder. Misalkan file Audio. Kita akan membuat folder dengan nama “Musik Saya”. Untuk memperjelas, Lets Do It. 

Buka Windows Explorer dan silahkan menuju lokasi file audio yang akan anda kumpulkan kedalam folder

cara membuat folder baru di komputer

Disana kita lihat file audio berserakan. Di ruang kosong silahkan klik kanan dan pilih new kemudian pilih folder.

cara membuat folder baru di komputer

Setelah anda klik atau pilih, maka akan ada folder baru dengan nama default “New Folder”  dan anda langsung bisa edit namanya.

cara membuat folder baru di komputer

Ketik nama folder sesuai dengan “Musik Saya”. Folder baru sudah jadi dan anda tinggal memasukan file kedalamnya dengan perintah cut/paste.

cara membuat folder baru di komputer

Cara Mengubah Nama Folder

Selanjutnya bagaimana apabila kita akan merubah nama sebuah folder yang telah kita buat, atau memang sudah ada saat kita membeli komputer tersebut. Ini juga bukan pekerjaan yang sulit, bahkan sangatlah mudah. 

Pertama anda klik pada folder yang ingin anda ubah namanya. Kemudian klik kanan dan pilih rename. Atau anda dapat juga melakukan ubah nama dengan cara klik dua kali dngan jeda beberapa detik pada folder yang ingin anda ubah namanya.

Sangat mudah bukan sobat. Nah sobat semua bisa praktekan langsung ilmu yang didapatkan hari ini dengan komputer sobat semua. Anda bisa melakukan sortir file-file yang sejenis dan anda masukan ke dalam satu folder dengan nama tertentu. Tentu akan memudahkan anda nantinya saat mencari beberapa file yang penting. 

Artikel Penting Lainnya :

Mengenal microsoft word 2007

Sekian dulu ya, tutorial cara membuat folder baru di komputer pada Windows Explorer, kita lanjutkan lagi esok dengan pembahasan selanjutnya yang lebih komplekas lagi. Jangan lupa, update terus informasi seputar tips dan trik belajar komputer hanya di sinaukomputer.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Folder Pada Windows Explorer Di Komputer"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel