-->

Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007


Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007 - WordArt adalah salah satu fasilitas pada microsoft word dalam bentuk teks yang dekoratif. 

Sedangkan Shapes berupa gambar dua dimensi dengan berbagai macam bentuk. Kedua menu ini terdapat dalam microsoft word. Kita akan pelajari satu persatu dalam artikel ini.

Sobat komputer dimanapun anda berada. Kali ini sinaukomputer.net akan membahas tentang WordArt dan Shapes. Bagaimana cara Insert WordArt untuk membuat tulisan yang dekoratif. 

Dan juga Shapes dngan berbagai macam bentuk serta pengaplikasianya.

Apa Itu WordArt ?


Mungkin sobat pernah melihat iklan atau pengumuman pada selembar kertas dengan tulisan yang tidak biasa. Tulisan dengan bentuk yang dekoratif dan dengan corak warna yang ramai. 

Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007

Mungkin yang sobat lihat merupakan tulisan yang dibuat dengan WordArt ini. Dengan Insert WordArt kita bisa membuat tulisan yang menarik. Di bawah ini sobat bisa lihat contoh tulisan yang dibuat dengan Insert WordArt

Fungsi WordArt


Sesuai dengan bentuk dan karakternya, WordArt  ini digunakan untuk membuat tulisan yang menarik. Misalnya pengumuman penting atau untuk membuat tulisan iklan sebuah produk. Yang  jelas kenapa menggunakan WordArt adalah untuk menarik minat orang yang melihat. 

Kesan pertama ketika orang melihat tulisan menarik adalah timbulnya keinginan untuk membaca. WordArt  bisa juga digunakan untuk pembuatan tulisan dekorasi pada acara tertentu. 

Karena ukuranya yang mudah diatur, banyak orang memilih menggunaan WordArt yang ada di Microsoft Word dari pada dengan cara manual.


Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007


Cara insert WordArt sangat mudah. Dari  jendela kerja microsoft word sobat klik “Insert” pada toolbar kemudian cari icon yang berbentuk huruf “A” dengan tulisan “WordArt” di bawahnya.

Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007

Kemudian silahan sobat klik karakter huruf yang sobat inginkan. Nanti sobat bisa mengganti ukuran dan jenis hurufnya juga. Setelah di klik selanjutnya akan muncul seperti ini :

Cara Insert WordArt dan Shapes Pada Microsoft Word 2007

Sobat ketik teks yang ingin sobat buat dengan WordArt pada tulisan “Your Text Here” . Selain itu sobat juga bisa mengatur jenis dan ukuran hufurnya.  

Setelah selesai, sobat klik “OK”. Maka jadilah WordArt yang kita inginkan. Untuk pengaturan WordArt  kita akan pelajari lebih lanjut di sesi berikutnya. Kita lanjutkan degan Shapes

Cara Membuat Shapes pada Microsoft Woord 2007


Apakah sobat sudah tahu apa itu Shapes yang ada di microsoft Word ? Sebagian ada yang sudah tahu dan sebagian lagi mungkin belum tahu. 

Shapes yang dimaksud di sini adalah sebuah gambar  dua dimensi dengan berbagai macam bentuk. Fungsi Shapes sendiri sangat banyak sekali. 

Bahkan fungsi Shapes ini lebih banyak dari pada WordArt. Berikut saya sebutkan beberapa fungsi Shapes
  • Dapat digunakan untuk membuat garis
  • Dapat digunakan untuk membuat Text Box
  • Dapat juga digunakan untuk membuat garis tepi halaman Word
  • Untuk keperluan membuat Flow Chart

Dan masih banyak lagi yang lainya. Sekarang kita akan belajar Cara Insert Shapes dan contoh penggunaanya dalam microsoft word 2007.

Cara Insert Shapes pada Microsoft Word 2007


Langkah – langkah untuk Insert Shapes tidak jauh berbeda dengan Cara Insert WordArt. Dari jendela kerja microsoft word 2007, klik “Insert” pada toolbar kemudian pilih “Shapes”. 

Silahkan pilih bentuk gambar seperti apa yang sobat ingin buat. Misal kita di sini ingin membuat gambar bintang, maka klik icon bintang.

Cara Membuat Shapes pada Microsoft Woord 2007

Setelah kita klik bintang maka kursor kita akan berubah menjadi menu gambar bingtang. Cara menggambarnya adalah dengan melakukan draging, yaitu tekan klik kiri kemudian tahan sambil menggeser mouse ke arah mana saja. 

Dengan begitu akan tergambar sebuah bintang. Sobat bisa mengatur ukuran dan bentuknya dengan klik sekali pada gambar tersebut. Contoh penggunaan shapes dapat dilihat dalam gambar berikut
Cara Membuat Shapes pada Microsoft Woord 2007

Sampai di sini cukup jelas kan sobat ? Silahkan praktekan sendiri dengan kreatifitas dan seni yang sobat kuasai. Akan lebih bagus lagi apabila menggunakan kombinasi warna yang menarik. 

WortArt dan Shapes dipadukan menjadi satu karya yang bagus dan enak dipandang. Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa

Jangan lupa baca juga :

Cara Mudah Membuat Nomor Halaman Pada Ms Word


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat WordArt Pada Microsoft Word 2007"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel