-->

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word Dengan Mudah

Cara membuatnomor halaman di microsoft word tidaklah sulit, karena semua telah disesiakan dalam software tersebut. Namun bila anda lupa atau memang belum bisa, tidak perlu khawatir karena kali ini sinaukomputer.net akan berbagi ilmu bab micrsosoft word yaitu tentang bagaimana cara membuat nomor halaman.

Di dalam software Microsoft word ini telah disediakan banyak sekali opsi pengaturan nomor halaman, dari mulai posisi di atas atau di bawah, tengah, pinggir dan juga menggunakan angka biasa atau angka rumawi. Semuanya sudah ada. Jadi kita tinggal pake saja sesuai dengan ketentuan atau kemauan kita.  

Oke langsung saja kita mulai, namun di sini saya menggunakan office 2010. Bagi anda yang masih 2007 tidak jadi soal, sebab  cara membuat nomor halaman di word 2007 dan seri yang lainnya masih tetap menggunakan menu yang sama.

Tutorial cara membuat nomor halaman di microsoft word


Pertama silahkan nyalakan komputer anda dan langsung jalankan program Microsoft word yang anda miliki.

Dari lembar kerja ms word yang baru, klik “insert” yang ada pada toolbar menu. Kemudian dilanjutkan dengan klik “Page Number”

cara membuat nomor halaman di microsoft word

Disitu muncul ada beberapa menu lagi yang berfunsi untuk pengaturan.

cara membuat nomor halaman di microsoft word
  • Top Of Page yaitu untuk memberi nomor halaman pada bagian atas kertas
  • Bottom Of Page yaitu untuk memberi nomor halaman pada bagian bawah kertas
  • Page Margin yaitu untuk mengatur margin nomor halaman
  • Current Position adalah untuk memberi nomor halaman dimana kursor berada
  • Format Page Number untuk memformat nomor halaman
  • Remove Page Number untuk menghapus atau menghilangkan nomor halaman.
Untuk membuat nomor halaman, anda langsung saja pilih yang sesuai dengan ketentuan yang anda inginkan, Top atau Bottom.  Dengan mengklik menu tersebut anda sudah dihadirkan dengan banyak sekali format menu nomor halaman, baik itu jenis font, posisi, dan variasi yang sangat menarik. Anda tinggal cukup klik saja.

cara membuat nomor halaman di microsoft word

Demikian jugauntuk anda yang akan membuat nomor halaman di bagian bawah kertas, anda cukup melakukannya seperti cara dipatas.

cara membuat nomor halaman di microsoft word

Setelah kita memberikan nomor halaman, bagaimana apabila kita akan mengaturnya dalam bentuk rumawi atau pengaturan – pengaturan lainnya ? Seperti yang sudah kita singgung di atas, kita menggunakan menu “Format  Page Number” ada menu apa saja disana kita lihat terlebih dahulu sekarang.

cara membuat nomor halaman di microsoft word

Di sini ada beberapa pengaturan :

Number Format yaitu untuk mengatur jenis nomor halaman, disana anda bisa pilih angka 1,2,3 …. atau i, ii , iii dan seterusanya anda bisa pilih dengan mengeklik anak panah kebawah.
Include Chapter  Number yaitu untuk mengatur nomor halaman untuk capter seperti misalnya (1-1, atau 1-A) dan seterusnya.
Kemudian Page Numbering untuk mengatur penomoran, seperti mau dimulai dari nomor beraapa.

Sekali lagi cara membuat nomor halaman pada word semuanya sudah dipermudah. Mulai dari seri Microsoft word yang terdahulu, hingga yang sekarang semua telah dipermudah sehingga kita tidak lagi sulit untuk membuat dan mengatur peletakannya.

Kemudian bila anda ingin menghapus nomor halaman, dari menu insert anda langsung klik di “remove page number”

cara membuat nomor halaman di microsoft word

Saya kira cukup mudah dan bisa langsung anda praktekan di rumah. Pemberian nomor halaman ini juga cukup penging, khususnya untuk membuat tulisan karya ilmiah seperti Skripsi atau Tesis. Jadi silahkan anda pelajari dan praktekan.

Vidio singkat ini akan membuat anda lebih paham tentang bagaimana membuat dan mengatur nomor halaman di Microsoft Word


Jangan lewatkan juga tutorial Microsoft Word lainnya :
Mungkin ini saja yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini. Tidak banyak harapan penulis, hanya mudah – mudahan artikel tentang Cara membuat nomor halaman di microsoft word ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan kita ketemu lagi pada tutorial selanjutnya masih bersama sinaukomputer.net.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel